MSDM Sektor Publik
“Isu Kontemporer Dalam MSDM Sektor Publik ”
Dosen pengampu
: Dr. Selfi Budi Helpiastuti.,M.Si
Oleh : Kelompok 10 MSDM B1
Lailatul Fitriah 190910201094
Moh. Dwi Hendriyanzah 190910201075
Sheila
Pandu Rahma 190910201051
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
APRIL
2021
Pendahuluan
Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik (MSDMSP) dirasakan sebagai suatu hal yang cukup kontributif dalam menata suatu komunitas. Sebab berbagai sumber yang ada, pemanfaatannya tergantung dari SDM-nya. Sumber daya alam yang melimpah misalanya nyaris akan kurang bisa terkelola dengan baik manakala SDM-nya kurang mumpuni. SDM akan menjadi hebat bila dikelola dalam suatu Manajemen Sumber Daya Manusia yang tertata secara sistematik. Namun demikian ada beberapa yang harus diarifi terlebih dahulu jika melaksanakan manajemen sumber daya manusia. Dalam menyikapi, mencermati dan melaksanakan MSDM baik secara publik maupun swasta tentunya akan terkait dengan isu penting. Jika ingin diantisipasi dengan baik, maka semua hal yang disebutkan tadi mesti ditangani dengan manajemen sumber daya manusia yang relative ideal. Keterkaitan seluruh aspek tersebut dengan MSDM nampaknya memiliki esensi yang dapat dikembangkan dan direkayasa sedemikian rupa untuk memperoleh tatanan MSDM yang relative lebih mapan. Ketika MSDM berhubungan dengann tingkat pendidikan, kemiskinan dan kesejahteraan, tumbuhnya kaum urbanisan, fenomena industrialisasi, pemanfaatan sumber daya alam, modal serta dinamika organisasi bisnis dan idealism yang ada, maka kesembilan isu penting MSDM ini merupakan faktor yang relative mempengaruhi pelaksanaan MSDM di lingkungan masyarakat luas, pada badan/lembaga/instansi petusahaan atau dalam unit kerja tertentu.
Pembahasan
1.1
Pengertian isu-isu kontemporer MSDM sektor publik
Isu
merupakan sebuah topik yang sedang hangat-hangatnya untuk dibicarakan karena
topik tersebut baru saja terjadi dan tengah dibicarakan oleh masyarakat
terus-menerus. Sedangkan kontemporer berarti kekinian, modern, atau sesuai
dengan kondisi saat ini dan biasanya orang banyak menyebutnya dengan istilah
‘trend’. Sehingga dapat diartikan bahwa isu-isu kontemporer merupakan sebuah
topik atau permasalahan yang sedang trending atau sedang hangat-hangatnya
dibicarakan dikalangan masyarakat karena isu tersebut terjadi pada masa
sekarang sehingga pemecahan masalah yang diperlukan harus sesuai dengan kondisi
pada masa sekarang pula. Menurut Barry
Jones & Chase, isu merupakan sebuah masalah yang belum terpecahkaan yang
siap diambil keputusannya.
Dalam KBBI, Kontemporer merupakan semua peristiwa yang
berkaitan dengan keadan yang terjadi saat ini. Secara general kontemperer
mencerminkan adanya kebebasan dalam memnutuskan apa-apa yang berlaku saat ini.
MSDM
sektor publik merupakan instrumen atau sebuah alat yang sangat penting bagi
sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya, dan bagi sektor publik perlu adanya
dukungan Sumber Daya Manusia aparatur yang kompeten dan profesional untuk
memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Sehingga, Isu-isu kontemporer
MSDM sektor Publik dapat diartikan sebagai sebuah isu yang sedang menjadi
trending topik terkait dengan manajemen sumber daya manusia aparatur yang betugas
untuk menjalankan kewajibannya untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.
Secara
umum, ada beberapa isu strategis dalam manajemen sumber daya manusia,
diantaranya:
1. Rekrutmen
Merupakan penarikan calon pegawai oleh
sebuah perusahaan untuk mengisi bagian atau divisi yang kosong agar proses
kerja sama dalam perusahaan dapat dimaksimalkan.
2. Mempertahankan
karyawan
Setiap orang tentu mengalami sebuah
perkembangan dalam dirinya, begitupun para karyawan atau pegawai yang bekerja
untuk sebuah perusahaan. Ketika kemampuan mereka meningkat ke arah yang lebih
baik, maka mereka merasa memiliki kemampuan untuk mengendalikan masa depannya,
sehingga tidak jarang muncul keinginan untuk pindah kerja atau bahkan membuka
usahanya sendiri. Hal tersebut menjadi tantangan bagi perusahaan untuk
mempertahankan karyawannya dengan cara yang sesuai dengan kondisi saat ini.
3. Tenaga
Kerja Mobile atau Freelancer
Tenaga kerja saat ini mampu bekerja
dimanapun dengan adanya dukungan teknologi yang semakin pesat salah satunya
yaitu koneksi internet yang sangat cepat. Mereka dapat bekerja dimanapun tanpa
perlu datang ke kantor. Namun isu yang menjadi tantangan yaitu terkait dengan
kerahasiaan data perusahaan yang kapan saja dapat bocor dikalangan umum, selain
itu freelancer membutuhkan infrastruktur tambahan dari perusahaan untuk
mendukung kinerja para pekerja freelancer agar proses bekerja jarak jauh dapat
dikatakan maksimal.
1.2
Penyebab dan Jenis isu
Isu-isu
yang beredar di tengah masyarkat tentunya tidak datang dengan sendirinya, isu-isu
tersebut hadir karena adanya penyebab yang melatarbelakangi, yaitu :
a. Ketidakpuasan
masyarakat
Banyaknya penduduk di Indonesia sudah
pasti memiliki perbedaan kepuasan terhadap pelayanan sektor publik. SDM
aparatur yang jumlahnya tidak sebanyak masyarakat harus melakukan pelayanan
kepada masyarakat sebaik mungkin agar pelayanan yang diberikan setidaknya mampu
untuk memberikan adanya rasa puas dalam diri masyarakat, namun tentu ada
beberapa golongan yang masih dapat merasakan ketidakpuasan. Dengan latar
belakang tersebutlah dapat memunculkan isu-isu terkait yang lama kelamaan akan
menyebar dari golongan satu ke golongan yang lainnya.
b. Terjadinya
peristiwa dramatis atau yang tidak diinginkan
Seringkali terjadinya suatu peristiwa
dapat menarik perhatian masyarakat. Begitupula peristiwa terkait MSDM sektor
publik, adakalanya peristiwa yang terjadi menjadi sasaran media maupun
masyarakat, sehingga peristiwa tersebut menjadi sebuah isu atau trending topic
di tengah-tengah masyarakat.
c. Perubahan
Sosial
Perubahan sosial merupakan salah satu
alasan yang dapat menjadi penyebab sebuah organisasi atau perusahaan melakukan
sebuah reformasi. Ini artinya organisasi tersebut mampu untuk mengikuti Trend,
sehingga organisasi tersebut dapat terhindar dari isu-isu kontemporer. Namun,
sebaliknya adapula organisasi atau perusahaan yang masih belum mampu
menyesuaikan diri untuk mengikuti trend karena ada keterbatasan di dalam
organisasi yang mungkin tidak diketahui publik, sedangkan publik hanya mampu
menerka kejadian yang ada pada organisasi tersebut, inilah yang menyebabkan
munculnya sebuah isu.
Beberapa
poin diatas merupakan penyebab terjadinya isu kontemporer, oleh karena itu agar
terhindar dari isu-isu kontemporer maka perlu menerapkan MSDM yang tepat dan
sesuai dengan keadaan sekarang serta mengikuti perubahan yang ada. Selain
penyebab, isu juga memiliki jenis yang berbeda, diantaranya :
a. Isu
Internal
Isu internal merupakan isu yang berasal
dari dalam organisasi itu sendiri, dan biasanya hanya diketahui oleh pihak internal
saja seperti anggota organisasi itu sendiri.
b. Isu
Eksternal
Isu eksternal merupakan isu yang berasal
dari luar organisasi, isu ini muncul karena adanya suatu perisyiwa atau fakta
yang dapat mempengaruhi aktivitas organisasi.
1.3 Contoh isu kontemporer
MSDM Sektor Publik
Kompetensi
Kinerja ASN dalam pelayanan publik di Era New Normal
Berdasarkan pada UU No 25/2009 Aparatur Sipil Negara diharuskan untuk memberikan pelayanan publik yang baik. Oleh sebab itu, dalam sebuah sistem pelayanan publik diperlukan standart pedoman pelayanan publik dalam hal kualitas, kemudahan, keterjangkauan, serta pelayanan yang terukur. Seperti hal nya saat ini Indonesia memasuki era New Normal di masa Pandemi Covid-19, dan hal ini merupakan sebuah tantangan baru bagi pelayan publik dalam menjalankan sistem dan fungsi-fungsi Manajemen SDM nya. Dengan adaya sebuah kebijakan pemerintah pusat terkiat diberlakukannya New Normal yakni penambahan protokol kesehatan yang berdampak adanya perubahan dalam akses pelayanan publik masyarakat. Instansi pemeritah hingga saat ini dalam memberikan pelayanan masih dipenuhi keluhan masyarakat baik yang disampaikan kepada pimpinan ataupun di media sosial. Sejak masa pandemi covid 19 banyak terjadi perubahan dalam sistem mekanisme pelayanan. SDM dalam manajemen pemerintah dituntut bekerja dengan menggunakan teknologi baik dalam memberikan informasi, membalas email pelayanan masyarakat, membantu masyarakat terkait mekanisme pelayanan yang dilakukan dengan cara online. Bahkan harus memberikan sebuah edukasi atau sosialisasi tentang kependudukan. Tidak hanya masyarakat sipil yang masih buta teknologi, bahkan masih terdapat ASN pelayan publik yang buta teknologi di masa pandemi. Hal ini berdampak pada kinerja ASN tersbut dalam memberikan pelayanan. Oleh sebab itu instansi pemerintah memberikan dukungan lebih terhdapa mekanisme pelayana yang lebih terarah. Dengan pengadaan pelatihan pelayanan masyarakat berbasis digital diharapkan seluruh ASN di Indonesia mampu menerapkan percepatan teknologi dalam pelayanan yang profesianal, cekatan, dan responsif, serta teramapil dalam teknologi untuk beradaptasi dengan perubahan perubahan yang terjadi.
Kesimpulan
Isu kontemporer sumber
daya manusia sektor publik merupakan suatu masalah yang terjadi pada saat ini mengenai sumber daya
manusia berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi
dimana kebenarannya masih diragukan dan belum adanya kejelasan mengenai masalah
tersebut.Idealisasi MSDM berarti proses kegiatan yang mengarahkan fungsi fungsi
MSDM dan SDM yang terlibat agar tercipta pengelolaan yang sesuai dengan SDM
yang bersangkutan. Untuk melakukan idealisasi MSDM berangkat dari 5 isu penting
yaitu: Kemiskinan dan kesejahteraan, sistem
ekonomi yang kurang berimbang, dampak urbanisasi terhadap pembangunan daerah,
modal, dan dinamika organisasi.
Isu SDM adalah
kesenjangan antara situasi yang tengah terjadi dengan situasi yang diharapkan.
Langkah-langkah dalam menentukan isu yaitu, langkah pertama adalah penilaian
perubahan lingkungan internal dan eksternal organisasi. Langkah kedua adalah
mendefinisikan masalah masalah organisasi yang relevan.Sejak pandemi Covid 19,
banyak perubahan yang terjadi pada sistem mekanisme pelayanan. Sumber daya
manusia departemen manajemen pemerintah harus menggunakan teknologi canggih
untuk memberikan informasi, membalas email pengabdian masyarakat, dan membantu
masyarakat memahami mekanisme layanan pelaksanaan online. Bahkan pendidikan
atau sosialisasi penduduk terkait harus diberikan. Tidak hanya warga sipil yang
masih awam dengan teknologi, masih ada PNS ASN yang menutup mata terhadap
teknologi saat terjadi wabah penyakit. Ini akan mempengaruhi kinerja layanan
yang disediakan oleh ASN. Oleh karena itu, lembaga pemerintah memberikan lebih
banyak dukungan untuk mekanisme layanan yang lebih tepat sasaran. Saya berharap
dengan memberikan pelatihan pengabdian masyarakat berbasis digital, saya
berharap seluruh ASN di Indonesia dapat mencapai akselerasi teknologi dalam
pelayanan yang profesional, gesit dan responsif, serta mampu menguasai
teknologi untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan.
DAFTAR PUSTAKA
Irianto,
Yusuf. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik di Indonesia :
Pengantar Pengembangan Model MSDM Sektor Publik. 24(4),281-291.
Utami,
A,S. (2019). Isu-isu Kontemporer. Di akses pada 21 April 2021.
https://www.kompasiana.com/arifahsriutami2812/5df8599bd541df2b6c50aa92/isu-isu-kontemporer.
Yulianto,2020.Meningkatkan
Kinerja ASN dalam pelayanan publik menuju era ne normal.Prosiding Seminar Stiami.Volume,7. No 2 .April 2021
Wyckoff,
Darryl, Sasser, W. Earl, Jr., R. Paul Olsen, (1978), Management of Service
Operations: Text and Cases. Boston: Allyn & Bacon.
Zaenuri,
M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Pemerintahan. Yogyakarta: LP3M
UMY.
Komentar
Posting Komentar